Bidang Ideologi, Wasbang dan Karakter Bangsa

Kunjungan Tim Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP)

Blog Single
Share this Post:

Rabu, 5 Mei 2021

PONTIANAK - Bertempat diruang kerja Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalimantan Barat menerima kunjungan dari Tim Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang dipimpin oleh RISWAN, S.STP, M.Si, Kepala Sub Direktorat Pengendalian II, dalam rangka mendapatkan informasi dan masukan untuk penyusunan langkah dan strategi pembinaan Ideologi Pancasila.

Dalam rangka pembinaan Ideologi Pancasila, salah satunya dengan diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila kepada Generasi Muda melalui Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, dimana akan diangkat menjadi Duta Pancasila yang membantu BPIP menjalankan tugasnya menguatkan pemahaman Ideologi Pancasila pada generasi muda. Disampaikan pula pada kesempatan ini perkembangan RUU HIP yang diganti menjadi RUU BPIP dengan substansi lebih kepada organisasi BPIP serta rencana pembentukan perwakilan BPIP di daerah.

Pada kesempatan ini pula, Tim BPIP memperkenalkan aplikasi Simpul Kendali yang bertujuan mendapat data/informasi dari daerah terkait kegiatan pembinaan ideologi Pancasila. Aplikasi ini dalam masa uji coba dimana setiap unsur penyelenggara penguatan Ideologi Pancasila dapat menyampaikan laporan kegiatan baik itu penyelenggara negara, ormas, partai politik, dan lain sebagainya.

#BPIP #pemprovkalbar #kesbangpolkalbar #iwkkb